oleh

Pengertian, Manfaat dan Keuntungan Sistem E-Nofa

Keuntungan Sistem E-NofaKeuntungan Sistem E-Nofa – Hampir seluruh system yang ada di dunia juga termasuk Indonesia, menggunakan system secara online. Salah satunya adalah pengajuan permohonan nomor seri pajak pun menggunakan website berbasis online yang disebut dengan E-Nofa.

Keuntungan Sistem E-Nofa

Website ini adalah permohonan NSFP secara online, dimana NSFP adalah singkatan dari Nomor Seri Faktur Pajak yang merupakan satu dari sekian banyak syarat dalam membuat faktur pajak. Di sinilah fungsi dari website tersebut, dimana nomor seri yang disebutkan tadi dapat dilihat melalui website ini.

Syarat-Syarat Membuat E-Nofa

Apabila Anda sudah mengerti apa itu website online untuk permohonan NSFP, maka Anda bisa menggunakannya untuk meminta nomor seri pajak. Tetapi haruslah memenuhi syarat yang diberlakukan, diantaranya adalah:

  1. Anda Sudah Terdaftar PKP

PKP adalah pengusaha kena pajak, terdaftar sebagai PKP adalah penting dan merupakan syarat utama untuk membuat permohonan NSFP melalui websitenya.  Dan menjadi seorang PKP juga ada syaratnya yaitu Omset sudah mencapai 4,8M/tahun, sudah lulus survey dari pihak PKP tersebut, sudah melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan.

  1. Kode Aktivasi dan Juga Password

Sebagai PKP, anda juga sudah mendapatkan kode aktivasi dan password tentunya yang diberikan langsung oleh DJP.

  1. Sertifikat Elektronik Pajak

Sebagai PKP Anda juga harus sudah memiliki sertifikat elektronik pajak yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2015 sampai dengan sekarang.  Sertifikat yang diberikan DJP ini menandai identitas dan sign secara digital dari PKP.

Cara Mengajukan Permintaan NSFP Melalui Website

Terdapat 6 langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat permohonan NSFP secara online. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda pelajari.

  1. Kunjungi website resminya di https://efaktur.pajak.go.id/login,
  2. Anda tentu sudah memiliki username dan juga password, gunakan itu untuk login ke website tersebut. Jika Anda lupa dengan username Anda, maka masukkan nomor NPWP yang terdiri dari 15 digit,
  3. Jika sudah berhasil pilih tombol permintaan NSFP yang berada di sebelah kiri tampilan website,
  4. Mengisi informasi lainnya yang diperlukan,
  5. Jika Anda sudah yakin dengan semua data yang diisi, maka pilih tombol proses,
  6. NSFP sudah bisa Anda dapatkan dan gunakan sebagai cara membuat faktur pajak.

Manfaat Website Permohonan NSFP Bagi PKP

Seperti yang kita ketahui, hadirnya website ini tentu sangat bermanfaat bagi PKP. Manfaat yang diberikan layanan tersebut untuk PKP adalah seperti berikut:

  1. Fleksibilitas Menjadi Semakin Meningkat

Karena website ini menggunakan sistem online, tentu hal paling utama manfaatnya adalah si PKP dapat dengan mudah mengaksesnya di mana saja yang terpenting sudah terhubung dengan internet.

  1. Lebih Hemat Waktu

Jika Anda tidak ada waktu untuk datang langsung ke kantor pajak, maka Anda bisa menggunakan website ini sebagai alternative. Dimana cukup secara online saja, maka NSFP bisa anda ajukan secara online.

  1. Mudah Diakses

Website tersebut adalah system online yang sengaja dirancang dengan tampilan yang sangat ramah bagi para pengguna, sehingga tentu saja proses aksesnya akan lebih mudah dari biasanya.

  1. Terhindar Penyalahgunaan Faktur

Keuntungan Sistem E-Nofa adalah adanya hal tentang penyalahgunaan faktur akan tidak ada. Aksi illegal tersebut tentu sangat minim sekali terjadi. Hal itu dikarenakan NSFP yang diterbitkan langsung disetujui oleh pihak DJP.

Seperti itulah hal-hal yang menyangkut dengan system E-Nofa. Dimana sangat banyak kemudahan dan manfaat dari penggunaannya untuk para PKP yang membutuhkannya dengan waktu lebih fleksibel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed