oleh

Kenapa Surat Keterangan UMKM Asli Diperlukan?

Surat Keterangan UMKMUMKM merupakan perusahaan yang dikelola dan juga dimiliki seseorang atau kelompok dengan total kekayaannya dan penghasilan tertentu. Di Indonesia sendiri UMKM terus meningkat, hal itu dikarenakan pendapatan yang diperoleh cukup menguntungkan. Seseorang atau sekelompok yang ingin memulai usaha ini maka membutuhkan surat keterangan UMKM Asli. Agar usahanya memiliki badan hukum  dan juga legal sehingga akan lebih berkembang pesat lagi.

Syarat-Syarat Mengurus Surat Keterangan UMKM Asli

Jika Anda ingin mengurus surat UMKM asli ini, maka Anda harus menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. E-KTP yang tentunya masih berlaku siapkan 4 lembar fotokopi dan bawa juga yang asli,
  2. Kartu Keluarga yang asli dan juga 4 lembar fotokopi,
  3. Surat Pengantar baik itu dari Ketua RT dan juga ketua RW,
  4. Surat pernyataan usaha.

Manfaat Mengurus Surat Keterangan UMKM

Apabila persyaratan untuk membuat surat UMKM sudah terpenuhi, maka surat tersebut bisa langsung dibuat. Anda harus tahu apa manfaat dari surat tersebut, sehingga Anda tidak akan sia-sia sudah membuatnya.

  1. Untuk usaha rumahan yang skalanya lebih kecil,
  2. Dapat digunakan untuk meminjam modal usaha baik itu dari bank atau lembaga lainnya,
  3. Dapat digunakan untuk memenuhi syarat pengajuan kerjasama,
  4. Salah satu persyaratan untuk berpartisipasi dalam program pemerintahan, dll.

Kelebihan Memiliki Surat Keterangan UMKM Yang Asli

Anda jangan menyesal jika sudah membuat surat keterangan UMKM, karena surat ini memiliki kelebihan dan keuntungannya bagi para pelaku usaha, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Usaha yang sedang Anda jalankan sudah pasti perlindungan hukumnya karena sudah legal,
  • Memiliki kemudahan dalam bantuan apapun baik itu daerah, provinsi dan juga pusat,
  • Mendapatkan kemudahan untuk mengakses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan,
  • Mendapatkan bantuan pinjaman dana untuk modal yang diperlukan,
  • Memberikan kesadaran bagi para pelaku bisnis UMKM untuk membayar pajak yang sangat bermanfaat bagi majunya usaha yang akan Anda jalankan.
Permasalahan UMKM Yang Bisa Terjadi

Ada sejumlah permasalahan UMKM yang dapat terjadi khususnya di Indonesia. Bahkan permasalahan ini sering terjadi dan menghalangi Anda untuk memulai usaha dan membuat surat UMKM asli. Berikut ini informasi lengkapnya.

  • Terkait Modal

Permasalahan yang paling dominan terjadi pada UMKM adalah terkait modal yang sangat terbatas. Padahal para pelaku usaha memiliki banyak ide untuk mengembangkan usahanya namun terkendala karena modal.

Sebenarnya modal ini merupakan pokok penting dalam memulai usaha. Tanpa adanya modal, maka usaha tersebut tidak bisa berjalan.

  • Urusan Izin Usaha

Seperti pembahasan di atas, kenapa surat keterangan UMKM itu diperlukan untuk usaha? Hal itu karena usaha yang sedang dan akan dijalankan harus ada dasar hukum dan legal, sehingga si pelaku usaha tidak khawatir akan berbagai hal.

Namun permasalahan yang sering timbul dari UMKM ini adalah tidak memiliki surat izin usaha dikarenakan berbagai hal. Mereka berpikir mengurus surat izin itu sulit dan lama.

  • Tidak Bayar Pajak

Selain modal, izin usaha, maka permasalahan berikutnya adalah para pelaku usaha tidak memiliki kesadaran untuk membayar pajak. Pajak itu memang harus dibayar, namun jika malah sebaliknya maka hal itu akan bermasalah.

Seperti itulah alasan kenapa surat keterangan UMKM asli sangat diperlukan untuk usaha yang akan Anda jalankan nantinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed